PELAYANAN
Jasa yang disediakan oleh Lakespra Saryanto:


A. General Medical Check Up (GMC)

Pada pemeriksaan kesehatan (General Medical Check Up), pelanggan akan lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan hasil pemeriksaan kesehatan. Hal ini dikarenakan selalu tersedianya dokter spesialis yang siap membantu dan kelengkapan laboratorium yang menunjang. Adapun General Medical Check Up yang disediakan adalah:

1. Klinik Penyakit Dalam (Anamnesa, Pemeriksaan Fisik)

2. Klinik Jantung (EKG, Treadmil Test, Echokardiografi)

3. Klinik Mata (Unit Pemeriksaan, Unit Refraksi, Lantang Pandangan)

4. Klinik Paru (Spirometri: Pemeriksaan Fungsi Paru)

5. Klinik THT (Unit Pemeriksaan, Audiometri, Tympanometri)

6. Klinik Syaraf (Unit Pemeriksaan, EEG, dan TCD)

7. Klinik Radiologi (USG) (Unit Rontgen, Ultra Sonografi)

8. Klinik Laboratorium

9. Klinik Gigi dan Mulut

10. Klinik Psikiatri

11. Klinik Psikologi

B. Pendidikan Khusus/Kursus Kesehatan Penerbangan
Lakespra Saryanto menyelenggarakan pendidikan khusus di bidang kesehatan penerbangan.

1. Kursus Dokter Penerbangan (Susdokbang) · Ditujukan kepada tenaga medis yang menaruh minat pada bidang kesehatan penerbangan. · Lama kursus 4 bulan, para siswa dididik ilmu kesehatan penerbangan dasar untuk dapat bertugas sebagai dokter kesehatan penerbangan.

2. Kursus Perawat Udara (Suswatud) · Ditujukan kepada perawat/paramedis, untuk dididik menjadi perawat udara. · Lama kursus 3 bulan, setelah lulus bertugas sebagai perawat udara.

C. Training/Pelatihan
Lakespra Saryanto menyelenggarakan program pelatihan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja baik berupa pelatihan umum (Public Training) maupun pelatihan di tempat kerja (In house Training). Adapun modul-modul pelatihan terdiri dari:

1. Pelatihan Pengungsian Medik Darurat Udara

Tujuan Pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam penanggulangan penderita gawat darurat pra rumah sakit di tempat kejadian, penanggulangan penderita selama dibawa melalui pengangkutan udara, dan penanganan penderita pada saat penurunan penderita dari pesawat ke rumah sakit. Pelatihan Pengungsian Medik Darurat Udara dilakukan selama 2 hari,

a. 1 hari teori yang meliputi: Triase Penderita Theory, Basic Life Support Theori, Advance Traumatic Life Support (ATLS) Theory, pemindahan penderita ke dalam pesawat, memelihara stabilitas kondisi pendeirta selama di pesawat.

b. 1 hari praktek lapangan dimana pada saat praktek diutamakan pada pengungsian medik darurat udara pra rumah sakit dan transportasi penderita melalui udara ke rumah sakit terdekat. Dalam praktek lapangan ini akan disimulasikan dengan menggunakan pesawat helikopter atau Cassa C-212. Pelatihan ini ditujukan untuk perusahaan oil company, perusahaan pertambangan, perusahaan penerbangan, pengelola bandara, dan instansi/rumah sakit.

2. Pelatihan P3K Tujuan pelatihan First Aid adalah memberikan wawasan pengetahuan kepada peserta mengenai prinsip-prinsip pertolongan pertama dan pengetahuan mengenai tindakan apa yang harus dilakukan terhadap penderita bila terjadi kecelakaan. Pelatihan P3K dilakukan selama 1 hari untuk peserta awam dan 3 hari untuk responder (para medik). Pelatihan ini meliputi praktek Skill Station dan Theory (Basic Life Support), termasuk Resusitas Jantung Paru, Penghentian pendarahan, Pembalutan/pembidaian, Initial Assesment, Ekstrikasi Stabilitasi dan Transportasi Penderita. Pada pelatihan ini masing-masing peserta diuji satu persatu. Pelatihan ini ditujukan untuk perusahaan manufacturing, konstruksi, oil company, pertambangan, instansi pemerintah, public service company, dll.

3. Aerofisiologi Training Tujuan pelatihan ini adalah peserta dapat mengatasi permasalahan fisiologi penerbang. Pelatihan in dapat digunakan sebagai Refreshment Training (Training Penyegaran) bagi aircrew perusahaan penerbangan. Modul : Masalah fisiologi penerbangan Lama pelatihan : 1 hari

4. Outbound Training · Tujuan outbound training adalah peserta dapat meningkatkan kepercayaan dirinya, meningkatkan sikap kerja dan loyalitas dengan kelompoknya, meningkatkan disiplin diri dan “alertness”, meningkatkan kematangan dalam pengambilan keputusan yang tepat serta meningkatkan daya tahan terhadap stress akibat kerja. · Jenis kegiatan dalam outbound training adalah:

a. Kesamaptaan

b. Kecepatan reaksi

c. How to Fight

d. Caraka Malam

e. Teori mengenai komunikasi, motivasi, dan self assessment

f. Raffling/turun tebing

g. Permainan/games pemecahan masalah

h. Renungan malam Waktu Pelaksanaan: · Basic Outbound Training (4 hari, 3 malam) · Middle Outbound Training (3 hari, 2 malam) · Advance Outbound Training (1 hari, 1 malam)

5. Indoor Outbound Training Tujuan Outbound Training ini adalah pengembangan dasar-dasar manajemn kelompok, cara efektif pengambilan keputusan, peningkatan kerjasama kelompok, pengembangan dan penyesuaian diri pribadi oleh fungsinya di tengah kegiatan berkelompok serta meningkatkan daya tahan stress akibat kerja. Waktu pelaksanaan: 3 hari


D. Konsultasi

Lakespra Saryanto menyelenggarakan program konsultasi di bidang:

1. Konsultasi Emergency Aero Medical Evacuation System Jasa konsultasi ini disediakan untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam mempersiapkan penanganan evakuasi medik jika terjadi kecelakaan yang berakibat fatal. Dan melalui Konsultasi Emergency Aero Medical Evacuation System ini perusahaan mendapatkan gambaran langkah-langkah apa saja yang dipersiapkan jika terjadi evakuasi medis udara.

2. Konsultasi Spesialistik Jasa ini disediakan untuk menindaklanjuti hasil Medical Check Up pada bidang tertentu.

3. Konsultasi Panduan Minat dan Bakat Jasa ini diadakan untuk klien yang membutuhkan pengarahan tentang kelanjutan pendidikannya.

4. Jasa Pemeriksaan Psikologi Jasa ini digunakan dalam rangka bagian seleksi, promosi, dan assessment pegawai dalam suatu organisasi kerja.


E. Fasilitas/Sarana yang disediakan Lakespra ·

  • SDM = Dokter Ahli/Spesialis ·
  • Peralatan Aeroklinik:
  • Complete Rontgen Equipment
  • CT-Scan 16 Slice
  • Ultrasonograply
  • Treadmill
  • Fitness Center, Jogging  track, Tenis lapangan, Sauna
  • Electroencephalography dan Brain Mapping
  • Electrocardiography dan Echocardiography
  • Electronystagmography
  • Auditometri
  • Tympanometri
  • Spirometri
  • Laboratorium · Peralatan Aerofisiologi:
  • Human Centrifuge
  • Altitude Chamber/ Hipobaric Chamber (Ruangan Udara Bertekanan Rendah)
  • Basic Orientation Trainer
  • Night Vision Trainer
  • Positive Pressure Breathing
  • Oxy Fault Trainer
  • Ejection Seat
  • Hiperbaric Chamber (Ruang Udara Bertekanan Tinggi)